Berdasarkan pengumuman Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara Nomor: 188.4/6006/BPP/I/2022 tanggal 26 september 2022 tentang penetapan hasil tahap penilaian substansi pertama lomba inovasi daerah provinsi sumatera utara tahun 2022.
Dari 33 kabupaten/kota di sumatera utara 17 diantaranya lulus tahap validasi pertama dan salah satunya adalah kabupaten labuhanbatu utara dengan membawa inovasi Bupati Ngantor di Desa "Bung Desa".

Menindaklanjuti surat Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara nomor : 070/6338/BPP/I/2022 tanggal 10 Oktobdr 2022 perihal persentase dan wawancara lomba inovasi daerah provinsi sumatera utara tahun 2022.



Wakil Bupati Labuhanbatu Utara H. Samsul Tanjung, S.T., M.H menghadiri acara Presentasi dan wawancara Inovasi daerah Provinsi Sumatera Utara, pada hari Kamis, (20/10), di ruang Command Center Sumut Smart Province lantai 6 Kantor Gubernur Sumatera Utara.

Pada acara itu Wakil Bupati Labura H. Samsul Tanjung turut menyampaikan paparan Inovasi daerah, tentang Bupati Ngator di Desa (Bung Desa).

Dihadapan para tim penilai Wabup menyampaikan paparan terkait Bung Desa yang dilaksanakan Pemkab Labura yang sudah memasuki Bung Desa tahap ke 10.

Adapun tim penilai terdiri dari
-Prof. Harmein Nasution (Guru Besar USU) selaku ketua tim juri
-Jerry Walo, S.Sos, MM (Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri)
-Dr. Hj R. Sabrina (akademisi sekaligus mantan Sekda Provsu)
-Ir. H. Soekirman (aktivis LSM Sumut sekaligus mantan Bupati Sergai)
-Dr. Hottua Samosir (akademisi).

Pada kesempatan itu tim juri menyampaikan akan turun langsung untuk melihat dan menilai kegiatan Bung Desa yang di laksanakan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Turut hadir mendamping Wakil Bupati Labura Asisten Ekonomi Pembangunan Muhammad Asril, S.Sos, Kaban Balitbang 
Mahdalena Waty Siregar, S.T, Kadis Kominfo Drs. Sugeng, Kaban Bappeda M. Ikhwan Lubis, S.T., M.T, Kadis PMD Muhammad Nur Lubis, AP., M.Si, Kaban Bapenda Teddy Yulianto, S.STP., M.Si, Kadis Capil Hariman, S.Pd, Kadis Perijinan H. Sakti Sormin, S.E., M.M, Kadis Kesehatan Hj. Jannah SKM., M.M, Kadis Pendidikan Irwan, S.Pd. M.Pd. Kadis PU Edwin Deprizen, S.T., M.Si, Kadis PPKB Erni Melinda Napitupulu, SKM, Kabag Tapem Soni Chandra, S.E., M.M.